Fatnah, Nurwanti and Dewi, Nurdiyanti and Rinto, Rinto and Norma, Bastian and Khaerul, Ashabi PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ETNO-STEM Terintegrasi: Kearifan Lokal Ciayumajakuning. In: PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ETNO-STEM Terintegrasi: Kearifan Lokal Ciayumajakuning. Literasi Nusantara, pp. 1-70. ISBN 978-634-234-141-4
![[thumbnail of Pendidikan]](https://repository-penerbitlitnus.co.id/style/images/fileicons/text.png)
Pembelajaran IPA Berbasis Etno-stem_Full.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (8MB)
Abstract
Model pembelajaran dengan pendekatan Etno-STEM adalah
sebuah pengembangan dari pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) yang mengintegrasikan kearifan lokal dari suatu daerah. Proses pembelajaran dengan pendekatan ini dimulai dengan memilih tema pembelajaran IPA yang mengandung unsur kearifan lokal di daerah tersebut. Tema yang mengandung kearifan lokal ini kemudian dikembangkan menjadi pengetahuan ilmiah yang mencakup sains, teknologi, teknik rekayasa sederhana, dan matematika. Selama proses tersebut, dilakukan evaluasi
terhadap hasil belajar serta dampaknya terhadap keterampilan berpikir kritis, pengembangan kreativitas, komunikasi, dan kerja sama (Reffiane, dkk, 2021).
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Contributors: | Contribution Name Email Author Fatnah, Nurwanti UNSPECIFIED Author Dewi, Nurdiyanti UNSPECIFIED Author Rinto, Rinto UNSPECIFIED Author Norma, Bastian UNSPECIFIED Author Khaerul, Ashabi UNSPECIFIED |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 02:21 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 02:21 |
URI: | https://repository-penerbitlitnus.co.id/id/eprint/550 |